MQK 2019, Lebih Banyak Pesantren Turut Serta

Malang – Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Malang, kembali menggelar lomba baca kitab kuning, di Pondok Modern Arrifa’ie Satu, Ketawang, Gondanglegi, Malang. Lomba yang diikuti sedikitnya seratus santri tersebut adalah bagian dari acara memeriahkan Hari Santri Nasional 2019.

Hadir dalam pembukaan lomba yang bertajuk: ”Fathul Qarib; Santri Day Competition” itu Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang, KH. Fadlol Hija, Ketua PCNU Kabupaten Malang, Dr. H. Umar Usman dan KH. Basuni Azzam Ahmad Zamachsyari, pengasuh Ponpes Ar Rifai Satu.

Berbeda dengan MQK tahun sebelumnya, MQK kali ini tidak hanya diikuti pesantren dari Kabupaten Malang, tetapi juga pesantren dari Malang Kota. Di mana masing-masing pesantren dibatasi hanya boleh mengutus 2 peserta putra dan 2 peserta putri. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keikutsertaan pesantren dalam acara lomba ini.

Abu Yazid AM, Ketua RMI NU Kab. Malang menuturkan, “Tujuan dari lomba ini untuk mencari bibit-bibit santri yang punya kualitas Tafaqquh Fiddin, unggul dalam membaca turots kitab kuning dan berkualitas,” terangnya. Sehingga dengan semakin banyaknya pesantren yang ikut serta, kian banyak pula potensi baca kitab yang dapat dikembangkan.

Lomba baca kitab ini adalah acara yang akan digelar setiap tahun, “Harapannya, tahun depan semakin banyak pesantren dan santri di Kabupaten Malang yang berpartisipasi dalam MQK RMI NU Kabupaten Malang,” Imbuh Abu Yazid.

Adapun jumlah peserta yang ikut lomba pada MQK kali ini sebanyak kurang lebih 100 santri putra dan putri dari 25 Pondok Pesantren se Malang Raya. Lomba dibagi menjadi dua kategori: kategori putra yang berlokasikan di PM. Arrifa’ie Tiga dan kategori putri yang dilaksanakan di Gedung Aula PM. Arrifa’ie Satu.

Melalui Pesantren Center, RMI NU Kab. Malang mengadakan beberapa acara memperingati Hari Santri Nasional 2019 ini. Di antaranya adalah lomba baca kitab kuning (MQK), sarasehan kepesantrenan, dan pelatihan manajemen keuangan pesantren. []

 

Mari berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *